Sabtu, 25 Agustus 2007

Produk KUKM Tidak Kalah dengan Produk Luar Negeri

Produk KUKM Tidak Kalah dengan Produk Luar Negeri

(31 Agustus 2006)
Jakarta, 30/8/2006 (Kominfo-Newsroom) – Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) mampu memproduksi berbagai jenis produk berbahan baku dari kulit yang tidak kalah dengan produk luar negeri, baik dari segi kualitas kulit, kualitas jahitan produk, maupun modelnya

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Menteri Negara dan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Guritno Kusumo, mewakili Mennegkop dan UKM pada pembukaan pameran Leather & Leather Product Women In Style (Pameran kulit dan produk kulit serta wanita dalam gaya) di Jakarta Convention Center, Rabu (30/8).

"Inilah upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan dan memacu kreatifitas, inovasi dan daya saing produk yang dihasilkan KUKM, khususnya kulit dan produk penyertaannya," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2000-2004, ekpor kulit Indonesia mengalami peningkatan rata-rata 42,88%. Tahun 2000 mencapai nilai 1.225 juta dolar AS dan meningkat menjadi 3.106 juta dolar AS pada tahun 2004.

Dari data tersebut juga didukung dengan perkembangan pasar produk kulit di Jerman yang merupakan negara tujuan ke-enam ekspor Indonesia dengan peran 2,89% dari total ekspor.

Pameran yang berlangsung dari 30 Agustus sampai 3 September 2006 tersebut diadakan setiap tahun, dan melalui kegiatan tersebut diharapkan mampu memberdayakan KUKM khususnya yang memproduksi kerajinan dan barang-barang yang mempunyai potensi untuk terus dikembangkan, bahkan lebih baik lagi sampai dengan tingkat ekspor.

Sementara itu, Deputi Pemasaran dan Jaringan Usaha Kemenkop dan UKM, Sri Ernawati yang didampingi Asistennya, Priyadi, mengatakan, pameran merupakan salah satu bentuk pemasaran sebagai upaya peningkatan sumber daya UKM.

Harapan Erna, pameran tersebut dapat mendorong disain dan produk Indonesia, sehingga di tahun mendatang disain dan produk kulit Indonesia dapat lebih baik lagi.

Salah satu upaya untuk mendapatkan disain produk yang baik, dalam pameran ini juga diadakan lomba desain dan produk. “Sampai saat ini sudah ada 32 peserta lomba disain, dan 12 peserta lomba produk yang diperkirakan pesertanya akan lebih banyak lagi, ” katanya menambahkan. (T. dw/Toeb)

Tidak ada komentar:

Bibliography