Sabtu, 25 Agustus 2007

Knowledge Management

Knowledge Management

Pengetahuan merupakan sumber yang sangat penting bagi kemampuan sumber daya manusia (SDM) setiap organisasi. Oleh karena itu organisasi, apakah perusahaan atau lembaga pemerintahan, harus terus-menerus memberikan kemudahan bagi para stafnya untuk dapat mendapatkan pengetahuan.

Di bawah ini terdapat beberapa pertanyaan yang sangat erat hubungannya dengan proses pemerataan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan organisasi:

* Pengetahuan/keahlian apa yang diperlukan oleh setiap pekerja untuk melaksanakan tugas-tugasnya?
* Apakah pengetahuan didokumentasikan dan dapat disebarkan?
* Pengetahuan/keahlian apa yang dipunyai para pekerja pada saat ini?
* Bagaimana pengetahuan itu diukur?
* Pengetahuan apa yang vital bagi proses bisnis perusahaan/organisasi?
* Pengetahuan/keahlian apa yang diperlukan oleh para pekerja untuk masa depan?
* Bagaimana membangun keahlian/pengetahuan yang diperlukan organisasi secara efisien?
* Pelatihan apa yang diperlukan untuk meningkatkan keahlian/ pengetahuan?
* Bagaimana mempersingkat proses pembelajaran dan menghemat biaya-biaya akuisisi keahlian?
* Bagaimana pengetahuan para pekerja dapat disebarluaskan dengan efektif?

Dan pemetaan pengetahuan yang menjadi persyaratan dari pekerjaan atau jabatan merupakan langkah dan pendekatan yang sistematik untuk menjawab hal-hal di atas dengan baik. Pemetaan pengetahuan ini sebagai bentuk dari Knowledge Management (KM). Knowledge Management (KM) merupakan intervensi bersama-sama dari sumber daya manusia, proses dan teknologi untuk mendukung proses pembuatan ( creation ), pembauran ( assimilation ), penyebaran ( dissemination ) dan pemanfaatan ( application ) pengetahuan di dalam lingkungan perusahaan / organisasi.

SmartNet merupakan sistem Knowledge Management (KM) untuk mendukung penerapannya di lingkungan perusahaan secara sistematik dan terintegrasi.

Knowledge Audit
Knowledge Audit (KA) merupakan aktifitas yang sangat penting sebelum penerapan Knowledge Management (KM) atau setelahnya. KA menghasilkan informasi yang sangat penting bagi KM, seperti macam-macam pengetahuan yang ada, sumber pengetahuan, siapa yang menggunakan pengetahuan, bagaimana bentuk berbagi pengetahuan, tujuan bisnis yang dicapai dari sumber pengetahuan, infrastruktur yang dapat mendukung Knowledge Management.

Expertise Location
Expertise Location merupakan aktifitas perusahaan untuk mencari, mengkatagorikan, mengumpulkan dan menyebarkan informasi-informasi yang berhubungan dengan kepakaran yang ada di perusahaan, termasuk juga orang-orang yang memegang kepakaran tersebut. Sehingga kepakaran ini akan lebih mudah diakses dan didayagunakan untuk kepentingan perusahaan.

Knowledge Planning and Implementation
Knowledge Planning and Implementation merupakan langkah yang sangat strategis untuk dapat menerapkan Knowledge Management (KM) untuk mendukung tujuan-tujuan strategis yang ditetapkan perusahaan. Dan aktifitas ini sebagai langkah untuk membentuk perusahaan sebagai learning organization yang berbasiskan pada pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Bibliography