Senin, 27 Agustus 2007

Knowledge Sharing Portal

Knowledge Sharing Portal
PILAR PEMBELAJARANSecara mendasar pembelajaran online atau dikenal istilah e-learning adalah proses pembelajaran yang disampaikan atau difasilitasi oleh teknologi elektronik, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Sistem pembelajaran ini bersifat open learning bagi seluruh sivitas UGM dan di luar UGM dan lebih diarahkan pada peningkatan pengayaan materi pembelajaran mahasiswa namun tidak dimaksudkan untuk menggantikan sistem perkuliahan tatap muka yang telah ada. Dengan ketersediaan sistem e-learning, pertukaran ide dan ilmu pengetahuan akan terjadi antar perguruan tinggi dan masyarakat yang akan membawa dampak baik pada perkembangan kebudayaan, sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh. PROGRAM PILAR PEMBELAJARANDi program INHERENT 2006 yang berkaitan dengan unsur pembelajaran online, UGM mengusulkan tiga (3) agenda kegiatan yaitu : 1. Implementasi metode student-centered learning Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan aplikasi e-learning yang ada di lingkungan UGM sehingga dapat mengakomodasi pelaksanaan metode pembelajaran SCL. Implementasi e-learning berbasis SCL diarahkan pada integrasi knowledge management system secara online sehingga diharapkan menghasilkan intellectual capital yang bermanfaat bagi sivitas akademika nasional. Dengan konsep SCL, mahasiswa bukan lagi sebagai obyek dari pengembangan ilmu pengetahuan namun diharapkan menjadi pelaku aktif dari pengisi contents di dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini dapat juga meliputi kegiatan pembelajaran berbasis multimedia yang membutuhkan ketersediaan perangkat dan fasilitas ruang multimedia dan telekonferensi. 2. Pembelajaran online yang terintegrasi dan bersifat open access bagi masyarakat Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun sistem pembelajaran online yang terintegrasi dan bersifat open acces yang dapat menerima berbagai format sistem pembelajaran online yang ada. Sistem ini memungkinkan pengembangan suatu e-learning gateway di mana ada satu pintu untuk mengakses berbagai macam layanan belajar online yang ada dengan menyediakan fasilitas pencarian materi di berbagai model layanan belajar online. Sifat layanan ini memungkinkan bagi semua anggota sivitas UGM dan masyarakat mudah mendapatkan materi tentang perkembangan ilmu pengetahuan. Diharapkan wawasan dan IT literate masyarakat meningkat sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing bangsa. Aktivitas yang diperlukan adalah melakukan identifikasi atas berbagai sistem pembelajaran online yang sudah berjalan di UGM dan membandingkannya dengan standar SCORM (Sharable Content Object Reference Model). 3. Pengembangan course content berbasis web dan multimedia. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan inovasi proses pembelajaran dengan memanfaatkan TIK sebagai usaha meningkatkan kualitas mutu perguruan tinggi. Kegiatan yang dilakukan adalah menyediakan dana dalam bentuk hibah pengajaran yang dikompetisikan bagi seluruh dosen UGM untuk mengembangkan dan melengkapi muatan (content) materi pembelajaran. Arah kegiatan ini adalah berkembangnya metode pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata dengan memanfaatkan aplikasi e-learning yang berbasis web dan multimedia. Kegiatannya berupa pembekalan yang berisi konsep dan paradigma berkarya menuju kemandirian, kepraktisan, serta kemampuan mengidentifikasi, menyelesaikan masalah, dan menuangkan rancangan proses pembelajaran. 4. Pengembangan Ruang Studio Multimedia dan Teleconference Ruang ini untuk memfasilitasi kepentingan civitas UGM yang akan melakukan proses pembelajaran jarak jauh dan berbasis multimedia dengan civitas universitas lain baik di Indonesia ataupun di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Bibliography