17 November 2006
Pelaksanaan USO
Kewajiban Pelayanan Universal (KPU/USO)
Sebagai konsekuensi pemberlakuan kompetisi menyeluruh, para penyelenggara telekomunikasi melayani suatu daerah berdasarkan mekanisme pasar. Untuk daerah yang belum terlayani merupakan tanggung jawab Pemerintah. Untuk itu diterbitkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 43 Tahun 2004 tentang Kewajiban Pelayanan Universal, yang intinya mengatur mengenai :
1. Pembangunan Kewajiban Pelayanan Universal (KPU/USO) yang merupakan hak masyarakat terutama di daerah perintisan (daerah KPU/USO) yang tidak disentuh oleh penyelenggara telekomunikasi karena pertimbangan komersial;
2. Dana pembangunan KPU bersumber dari kontribusi penyelenggara sebesar 0,75% dari pendapatan kotor dengan memperhatikan bad debt dan beban interkoneksi;
3. Pemerintah akan menetapkan penyelenggara jaringan telekomunikasi atau penyelenggara jasa telekomunikasi untuk pelaksanaan USO
Perkembangan program USO di Indonesia
Teledensitasnya masih 4%-5% dari jumlah penduduk Indonesia. Itu yang fixed line. Untuk seluler, angkanya 30-40 juta, tapi susah memprediksi yang sebenarnya. Sebab bisa saja satu orang punya nomor telepon ganda.
USO yang sesungguhnya baru dimulai tahun 2006. Sebelumnya dana USO dari pemerintah dan tahun ini cuma dianggarkan Rp5 miliar untuk operasional. USO tahun 2003 senilai Rp45 miliar didanai oleh APBN. Itu untuk 3.010 desa atau 3.010 satuan sambungan telepon (sst). Rinciannya, Sumatera 1.009 sst, Jawa (Banten) 40 sst, Kalimantan 573 sst dan kawasan timur Indonesia 1.388 sst. Tahun 2004 juga dari APBN senilai Rp43,5 miliar untuk 2.341 desa atau 2.620 sst dengan wilayah pembangunan meliputi Sumatera 700 sst, Jawa 87 sst, Kalimantan 179 sst dan kawasan Timur Indonesia 1.654 sst.
Langkah-Langkah Memenuhi Strategi
1. Mapping wilayah USO dengan melibatkan instansi terkait;
2. Menyeimbangkan demand driven dengan supply driven dalam menyusun sebuah kebijakan;
3. Menggalang kebersamaan institusi terkait dalam mengembangkan usaha-usaha kecil yang akan bergerak di bidang ini;
4. Melakukan optimalisasi PNBP kontribusi USO dari penyelenggara telekomunikasi untuk menjamin keberlangsungan program;
5. Memetakan masing-masing kebutuhan daerah dalam rangka pengembangan layanan;
6. Mengusulkan pengembangan organisasi pengelola USO agar lebih optimal dalam penanganan program;
7. Mengembangkan pola penyediaan pelayanan universal (KPU/USO) berbasis industri dalam negeri bidang telekomunikasi;
8. Rencana pelaksanaan sayembara berbasis dana kompetitif untuk inovasi perangkat telekomunikasi berbasis industri dalam negeri dalam KPU/USO.
Skema KPU/USO
1. Pembiayaan terendah untuk penyediaan sarana dan prasarana;
2. Penyediaan sarana dan prasarana disediakan, dimiliki, dioperasikan dan dipelihara oleh pelaksana KPU/USO;
3. Pertanggung jawaban jaminan penyediaan akses dan layanan secara berkesinambungan, sekurang-kurangnya 5 tahun;
4. Pendapatan atas hasil pengoperasian dimiliki oleh pelaksana KPU/USO;
5. Resiko atas pendapatan dan pengoperasian ditanggung pelaksana KPU/USO.
Pentarifan KPU/USO
1. Besaran pentarifan pelayanan universal telekomunikasi diberlakukan sama dengan besaran tarif telepon dasar melalui jaringan komunikasi tetap;
2. Besar tarif layanan jasa komunikasi yang berasal dari pengembangan akses dan layanan universal telekomunikasi sebagai pemanfaatan kapasitas tersedia mengikuti mekanisme pasar.
Pelaksana KPU/USO
1. Penyelenggara jaringan tetap (lokal dan atau SLJJ);
2. Penyelenggara jaringan bergerak seluler dan Penyelenggara jaringan bergerak satelit yang mendapatkan izin penyelenggaraan jaringan tetap setelah ditetapkan sebagai pemenang lelang;
3. Perusahaan bidang telekomunikasi yang bekerjasama dengan penyelenggaraan jaringan tetap dalam bentuk badan hukum.
Sabtu, 25 Agustus 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Bibliography
-
▼
2007
(130)
-
▼
Agustus
(128)
- Knowledge Management (KM) - Collecting, Leveraging...
- Knowledge Sharing Portal
- e-Enterprise
- Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management)
- Sumber-sumber informasi ilmiah berbasis internet
- Modal Pengetahuan
- Data, Informasi, dan Pengetahuan
- Sharing KM WIKA ke Kelompok Kompas Gramedia
- Sampoerna SBM-ITB mendirikan KMSI
- Sistem Informasi Terpadu Pengembangan Usaha Kecil ...
- 'Instruksi Gubernur DKI tak ganjal SMEsCo Mart'
- Kemenkop gagas wadah penjaminan kredit UKM
- Penyaluran Dana Bergulir UMKM Jangan Karena Kepent...
- Daftar Perusahaan di sme-center.com
- KOICA has implemented several aid programs to assi...
- TELKOM mendukung pengembangan SME Center
- CD-SMEs bekerjasama dengan PT. Telkom dan Bank Rak...
- SME-Center Harus Memberi Manfaat Nyata
- Bank BRI menyambut baik dan melakukan langkah nyat...
- Pembentukan SME Center diwilayah Indonesia sangatl...
- Dengan hati yang tuluts dan ikhlas kami menilai pe...
- CD-SMEs sebagai total solusi jaringan bisnis UKM
- SME example - Graha Jiwa Furniture
- Kaitan Pola Dunia Cyber & Dunia Nyata
- Suppliers - SME Indonesia
- Tentang SME-Indonesia.Com
- ABN AMRO turning to SMEs for future growth
- Joint Marketing KUKMI dan IBC
- Indonesia Rangsang Sektor Riil
- Unilever Indonesia Receives Asia’s 2005 Most Admir...
- Menciptakan Image Positif Melalui Perilaku
- Kerangka Perencanaan KM
- Round Table Knowledge Management ke - 13 di Bank N...
- Agenda Acara RTKM ke-12
- Knowledge Management - jamrud.com
- Workshop on Knowledge Management in Research and T...
- Managing the Forests with Communities
- Danamon Awards2006
- Europe, Asia and India 2006 MAKE awards
- AAM Field Force Team Knowledge Sharing
- Understanding dynamic capabilities through knowled...
- Excelcomindo Pratama Tbk Selects Vallent™ Performa...
- Round Table Knowledge Management ke - 13 di Bank N...
- Data & Knowledge Management For Asian Oil and Gas ...
- WIKA - Knowledge Management
- Training & Learning Program Bank Niaga
- Astra Management Development Institute
- MAKE Methodology
- MAKE Framework
- Characteristics of Knowledge Organizations
- Unilever Indonesia, Astra Internasional dan XL Men...
- Konferensi KM Pertama di Indonesia
- Pemenang 2006 Indonesian MAKE Award
- Most Admired Knowledge Enterprises (MAKE)
- UT Knowledge Management won MAKE Awards
- Intellectual Capital, Social Capital and Communiti...
- Knowledge: Content or Context?
- Knowledge: What is it?
- Knowledge Management Frameworks
- Top Ten Knowledge Management Books
- Knowledge Management - ittoolbox
- Knowledge Management Techniques
- The place to explore and learn KM
- Why Knowledge Management?
- Manajemen pengetahuan - wiki ID
- Knowledge Management - wiki en
- Knowledge Management System - wiki en
- To See A Knowledge Based Society in Indonesia
- Bakmi Raos dan Nuri Teknik Menangi Dji Sam Soe Award
- Cisco Tawarkan Lini Produk untuk UKM
- Gandeng 5 BPR, BII Kucurkan Kredit Linkage Program
- Membuat Proses Bisnis Lebih Mudah Dikelola
- Peran TI dalam Pengembangan Usaha
- Pencarian Usaha Koperasi & UKM
- Koperasi UKM DKI Jakarta
- Mampukah Iptek Mendorong Kinerja UKM ?
- Minimarket SME'sComart dibuka di Tangerang
- Komoditas Dihindari, Layanan Didekati
- Pengembangan 200 Sentra Usaha Kecil dan Menengah
- Pelaksanaan USO
- IT Sebagai Media Pembelajaran Multimedia
- Sekilas Perkembangan Internet Di Indonesia
- Produk KUKM Tidak Kalah dengan Produk Luar Negeri
- Pemberdayaan KUMKM Berperan dalam Pengurangan Kemi...
- Jerman Akan Bantu UKM Rp10 Miliar
- Wapres Minta Perbankan Adil Terhadap UKM
- Keadilan Ekspor antara Produsen UKM & Pedagang Bel...
- Teknologi Penting Untuk Bangun Daya Saing UKM
- Pemerintah Akan Terus Kembangkan UKM
- Diperlukan Upaya Peningkatan Aksesabilitas KUMKM
- Belanja TI Pemerintahan Diduga US$195,3 juta
- Strategi Perusahaan Kecil & Menengah (UKM) Menggun...
- Perdagangan & Industri
- Ekspor Sektor UKM Makin Terseok-seok
- Praktek Manajemen Keamanan Komputer pada Usaha Kec...
- Membangun Perpustakaan Berbasis Konsep Knowledge M...
- Penerapan Knowledge Management pada Organisasi
- Knowledge Management untuk Organisasi
- Knowledge Management
- Dexa Medica Melakukan Benchmarking Knowledge Manag...
-
▼
Agustus
(128)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar