Sabtu, 25 Agustus 2007

Jerman Akan Bantu UKM Rp10 Miliar

Jerman Akan Bantu UKM Rp10 Miliar

(14 Juli 2006)
Pada periode Juli 2003 - Juli 2006 pemerintah Jerman, melalui Kadin negara itu (Deutscher Industrie und Han-delskammertag/DIHK) mengucurkan dana bantuan dengan nilai yang sama bagi dunia usaha di Indonesia. Di Indonesia penyaluran dana itu dilakukan Kadin Jerman bekerja sama dengan Kadin Indonesia dan asosiasi terkait lainnya.
Koordinator Program DIHK, Andreas Gosche, seperti dilaporkan situs Indonesia.go.id, Jumat (14/7), mengatakan bahwa institusinya telah mengajukan proposal program periode 2006-2009 kepada pemerintah Jerman pada Mei 2006.

"Kami tengah menunggu jawaban, dan harus sudah ada balasan tahun ini karena program berakhir 31 Juli 2006," ujar Gosche di sela lokakarya dan peluncuran buku Pedoman Kewirausahaan Pemula, di Jakarta, Kamis (13/7).

Program lanjutan yang melibatkan Kadin Jerman dan Kadin Indonesia serta asosiasi di Indonesia bertujuan sama dengan program sebelumnya, yakni memperkuat dunia usaha dan membantu usaha kecil secara riil.

Ada tiga pilar untuk mencapai tujuan itu, yaitu lobi yang bisa memberikan gambaran kepentingan dan harapan pihak luar bagi pelaku usaha di Indonesia, servis atau pelayanan jasa berupa konsultasi dan pelatihan untuk mengembangkan kemampuan anggota, serta memperkuat fungsi struktur internal organisasi.

Gosche menilai produk UKM di Indonesia potensial untuk dikembangkan, tapi sayangnya pelaku usaha kurang memahami berbagai strategi untuk merebut pasar di dalam maupun di luar negeri.

Jenis produk UKM yang dinilai berpotensi menembus pasar luar negeri adalah makanan ringan dan produk kerajinan, demikian Gosche. (Yy/Toeb)

Tidak ada komentar:

Bibliography