Sabtu, 25 Agustus 2007

Kajian Pemetaan Usaha Kecil Menengah

KAJIAN PEMETAAN USAHA KECIL MENENGAH
DALAM RANGKA PRA-RESTRUKTURISASI

Wiwik Supratiwi dan Isnalita
Fakultas Ekonomi Universitas Airlanngga
E-mail :
Abstract :

Di masa mendatang, dengan semakin mengglobalnya perekonomian dunia dan era perdagangan bebas nanti, usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia juga diharapkan dapat menjadi salah satu pemain penting. UKM diharapkan sebagai pencipta pasar di dalam maupun di luar negeri dan sebagai salah satu sumber penting bagi surplus neraca perdagangan dan jasa atau neraca pembayaran. Untuk melaksanakan peranan tersebut, UKM Indonesia harus membenahi diri, yakni meningkatkan daya saing globalnya. Namun, di sisi lain ditemukan kenyataan bahwa banyak UKM yang mengalami masalah di berbagai aspek usaha. Untuk itu perlu dilakukan kajian mengenai bagaimana gambaran kondisi dan permasalahan UKM dari berbagai aspek usaha. Kajian ini memiliki tujuan: (1) memberi gambaran kondisi UKM dari berbagai usaha, (2) menggali permasalahan yang dihadapi UKM, (3) memberi alternatif pemecahan masalah UKM menuju restrukturisasi. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kajian ini menghasilkan informasi: (1) UKM responden umumnya hanya memproduksi satu jenis produk, atau lebih dari satu dengan menggunakan bahan dan proses produksi yang hampir sama, (2) bahan baku yang digunakan UKM sebagian besar adalah bahan baku lokal yang diperoleh dengan cara menukar bahan dengan barang jadi, (3) tenaga kerja rata-rata berpendidikan rendah dan keberadaannya tidak kontinyu, (4) alat produksi yang digunakan masih sangat sederhana, (5) rancangan produk cenderung statis, (6) permodalan umumnya milik sendiri, dan (7) pemasaran masih terbatas pada daerah sekitarnya.

Keyword :
UKM, daya saing, penciptaan pasar

Tidak ada komentar:

Bibliography