Minggu, 26 Agustus 2007

Bank BRI menyambut baik dan melakukan langkah nyata dalam pendirian dan pengembangan SME Center di Indonesia

Bank BRI menyambut baik dan melakukan langkah nyata dalam pendirian dan pengembangan SME Center di Indonesia

RudjitoUsaha Kecil Menengah (Small Medium Enterprise) mempunyai peran yang sangat penting dalam struktur perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia. Keberhasilannya sebagai tulang punggung perekonomian di banyak negara tidak perludiragukan lagi, baik dari sisi penyerapan tenaga kerja, ketangguhannya menghadapi pasang surutnya pertumbuhan ekonomi maupun kemampuan memberi kontribusi pada GDP suatu negara. Begitu pentingnya keberadaan Small Medium Enterprise dapat dilihat dari hasil sidang KTT-XI G-15 pada bulan Mei 2001 yang lalu, yakni perlunya dibentuk Small Medium Enterprise Center (SME Center) bagi negara anggota G-15. SME Center ini dimaksudkan sebagi salah satu pusat total solusi bagi pembinaan dan pengembangan UKM dalam menghadapi tantangan global dimasa mendatang. Di lain pihak, pemerintah Indonesia pun dalam arah kebijakan di masa mendatang sangat peduli terhadap pengembangan dan pemberdayaan ekonomi rakyat. Hal ini berarti para UKM akan lebih mendapat posisi yang strategis dalam perekonomian Indonesia.

PT. bank Rakyat Indonesia (Persero) mempunyai komitment yang tinggi terhadap para UKM. Komitmen dan kepedulian terhadap para UKM tidak pernah berubah semenjak Bnak BRI didirikan 106 tahun yang lalu. Hal ini tercermin dari besarnya pinjaman yang dialokasikan untuk membantu para UKM. Sampai dengan akhir bulan Juni 2001, komposisi pinjaman Bank BRI kepada segmen UKM mencapai 80,61 % dari total portofolio pinjaman. Komposisi ini akan terus meningkat menjadi paling sedikit 85% pada akhir tahun 2003, sebagaimana yang digariskan dalam Business Plan BRI 2000-2003.

Dengan demikian, Bank BRI menyambut baik dan melakukan langkah nyata dalam pendirian dan pengembangan SME Center di Indonesia. Langkah ini diwujudkan dalam bentuk kerjasama dengan PT. TELKOM dan Center for Development of Small and Medium Enterprises Indonesia (CD-SMEs Indonesia). Melalui kerjasama ini, para UKM akan diberdayakan sehingga menjadi usahawan yang mempunyai nilai tambah maksimal dan penjalinan pasar (Market Lingkage) antar sesama pengusaha kecil dan menengah dan pengusaha besar, baik di pasar lokal, regional maupun global. Sistem pembinaan dan permberdayaan UKM akan ditangani oleh CD-SMEs Indonesia, sedangkan bank BRI sebagai pendukung permodalan dan TELKOM akan mendukung akses informasi dan komunikai serta aplikasi e-business.

Akhir kata, kami atas nama Komisaris, Direksi dan seluruh jajaran karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) menyampaikan selamat dan sukses kepada CD-SMEs Indonesia. Kami berharap keberadaan CD-SMEs Indonesia dapat membawa manfaat kepada para UKM dan perekonomian Indonesia.

Rudjito, Direktur Utama BRI

Tidak ada komentar:

Bibliography