Minggu, 26 Agustus 2007

Round Table Knowledge Management ke - 13 di Bank Niaga

Round Table Knowledge Management ke - 13 di Bank Niaga

Dikirim : 07 Juni 2007 oleh admin

Organisasi Knowledge Management Indonesia (KMI) yang telah berdiri sejak Th.2004 merupakan komunitas yang beranggotakan lebih dari 300 profesional di Indonesia yang mempunyai Misi: “Menerapkan dan mengembangkan Knowledge Management (manajemen pengetahuan) melalui penciptaan, berbagi pengetahuan, pembelajaran dan kolaborasi yang berkesinambungan agar terbentuk budaya pengetahuan”.

Sejak berdirinya, didorong semangat para anggotanya, KMI telah sukses secara rutin menyelenggarakan “Round Table Knowledge Management” yaitu sebanyak 13 kali sampai bulan Juni’07 yad, sebagai media para pemerhati KM (para profesional & para akademisi) untuk menajamkan value: inovasi, sharing, learning dan kolaborasi.

Proses implementasi Knowledge Management di Bank Niaga (sebagai Pemenang MAKE Award Tahun 2006 dan Nominasi MAKE Award Tahun 2007) muncul sebagai salah satu mekanisme yang mengintegrasikan faktor-faktor pendukung perubahan perusahaan yang sudah ada namun belum terkordinasi dengan baik, meliputi: nilai-nilai utama perusahaan yang dianut, prinsip dan praktek pengelolaan SDM serta budaya kerja yang ada, tantangan yang dihadapi oleh perusahaan sebagai pengaruh dari perubahan strategi perusahaan, produk dan layanan serta infrastruktur yang ada.

Tantangan yang dihadapi ini kemudian memunculkan beberapa inisiatif perubahan seperti: penyesuaian dalam hal desain arsitektur kantor cabang, perbandingan portfolio kredit dibidang konsumer, dan focus dalam pengelolaan SDM.
Proses implementasi KM ini disajikan dengan memaparkan aktivitas dan inisiatif yang dibagi dalam kelompok kegiatan identifikasi, penciptaan, penyimpanan, penyebaran dan penggunaan pengetahuan yang dilakukan.

Tidak ada komentar:

Bibliography