Minggu, 26 Agustus 2007

Dengan hati yang tuluts dan ikhlas kami menilai penting kehadiran lembaga CD-SMEs

Dengan hati yang tuluts dan ikhlas kami menilai penting kehadiran lembaga CD-SMEs

Ali Marwan HananDengan hati yang tuluts dan ikhlas kami menilai penting kehadiran lembaga CD-SMEs (Center for Development of Small and Medium Enterprises) dengan beberapa pusat pelayanan SME Center yang telah terbentuk di beberapa wilayah, karena :

Pertama, pembentukan lembaga ini bertujuan untuk memfasilitasi dan melaksanakan pembinaan pada usaha kecil dan menengah agar dapat tumbuh dan berkembangan menjadi usaha yang kuat, modern dan berdaya saing global.

Kedua, pembentukan lembaga ini merupakan pilot project dari kesepakatan yang diputuskan dalam Summit Meeting negara negara yang tergabung dalam Group of Fifteen (G-15) sebagai total solusi bagi pembinaan dan pengembangan usaha kecil menengah negara negara angota G-15. Dengan demikian CD-SMEs diharapkan dapat memainkan peranan penting untuk mengembangkan kemitraan bagi usaha kecil dan menengah baik ditingkat nasional, dilingkungan negara negara angota G-15 maupun dengan dunia usaha ditingkat global.

Ketiga, pembentukan lembaga ini berbasis pada teknologi informasi. Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi dan menyiapkan usaha kecil menengah menghadapi globalisasi ekonomi dan pasar bebas.

Mengingat misi yang diemban oleh CD-SMEs sangat strategis dalam pembinaan dan pengembangan usaha kecil dan menengah, patut kita dukung sepenuhnya agar lembaga ini dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang diharapkan. Sebaliknya CD-SMEs jangan hanya berwacana dan terbatas pada acara seremonial saja, tapi harus memberikan pelayanan nyata dalam penyediaan informasi, promosi dan pemasaran, fasilitas pembiayaan, alih teknologi, pengembangan kualitas SDM dan advokasi. Berbagai bentuk dan fungsi kegiatan pelayanan ini dapat dikemas dalam wadah lembaga trading house.

Demikian pula kepada para pengusaha kecil dan menengah yang selama ini sudah menunjukkan ketangguhannya menghadapi krisis ekonomi janganlah cepat puas, tetapi harus secara terus menerus berupaya meningkatkan kualitas diri, mampu memanfaatkan berbagai peluang usaha yang kini tersedia dan kecepatan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi di pasar global.

Ali Marwan Hanan, Menteri Koperasi & UKM Kementerian Koperasi & UKM


Tidak ada komentar:

Bibliography