Senin, 27 Agustus 2007

Sumber-sumber informasi ilmiah berbasis internet

Sumber-sumber informasi ilmiah berbasis internet
Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menyebabkan mudahnya mencari informasi baik yang ilmiah maupun non ilmiah. Kemudahan memperoleh informasi memberi dampak banyaknya informasi yang harus diseleksi agar sesuai dengan kebutuhan. Fenomena ini membuat para pencari informasi menginginkan kemasan-kemasan informasi yang berisi informasi yang telah diseleksi. Kemasan-kemasan informasi terseleksi akan memudahkan para pengguna dalam pencarian informasi.
Program pembelajaran ini difokuskan pada pencarian informasi melalui berbagai sumber informasi berbasis internet dan mengemasnya dalam bentuk digital (CD-ROM)
Materi yang diberikan meliputi, penelusuran informasi, membuat format database; alih media ke digital; dan membuat desain tampilan di CD-ROM
Jadwal:
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 1.500.000 28 3 28-30 6-800 3-500
Software Aplikasi WINISIS Untuk Perpustakaan
Winisis adalah program CDS-ISIS (Computerized Documentation Services – Integrated Set of Information System) yang beroperasi di atas sistem windows yang dikembangkan oleh badan dunia (UNESCO) untuk mengelola pangkalan data bibliografi berupa teks dari berbagai koleksi yang dapat digunakan oleh pustakawan, dokumentalis, arsiparis, peneliti, maupun kalangan akademisi. Dengan demikian informasi yang dimiliki dapat di diseminasikan dan di akses secara global. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat membuat desain database perpustakaan berbasis web.
Materi yang diberikan yaitu platform program aplikasi WINISIS, Install program WINISIS, Membangun database dengan WINISIS, Pengembangan pangkalan data WINISIS ke WEB, Mengkonversi data ASCII ke pangkalan data WINISIS
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 2.250.000 35 5 26-30 11-150 20-24 10-140

WINISIS Untuk Kearsipan
Sebagai salah satu sumber informasi terekam, arsip mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting untuk mendukung manajemen modern organisasi pemerintah dan bisnis.Di era digitalisasi saat ini, penataan arsip yang cepat dan akurat sangatlah penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Mempelajari kebutuhan pengarsipan organisasi pada masa kini telah dibuat sistem dengan menggunakan peralatan elektronik (hardware maupun software) dalam mengalihmediakan kertas sebagai hardcopy kebentuk dokumen elektronik atau digital serta tersimpan sebagai database yang dapat diakses ulang. Manfaat yang didapatkan adalah adanya desain database arsip berbais WINISIS.
Materi yang diberikan yaitu, Membuat rekord surat, Membuat worksheet persuratan, Pangkalan data WINISIS, Pengetikan data, Temu kembali data, dan mencetak data
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 2.250.000 35 5 26-30 11-150 20-24 10-140

Penulisan Artikel untuk Jurnal Ilmiah

Artikel ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan data dan fakta yang sahih serta ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Menulis artikel ilmiah memerlukan suatu upaya dan waktu yang memadai agar dapat menghasilkan suatu tulisan yang sahih dan akurat, serta layak dibaca. Karya tulis ilmiah menjadi bermakna jika pembaca menerima apa yang ada dalam benak pengarang secara akurat. Oleh karena itu untuk memahami bagaimana meningkatkan kemampuan menulis, kita perlu mengetahui bagaimana para pembaca memahami retorika,tata bahasa dan psikologi pembelajaran serta kita pun harus mampu melakukan komunikasi dengan redaksi majalah ilmiah dan mitra bestarinya.
Majalah ilmiah merupakan sumber informasi penting bagi dosen, peneliti, atau ilmuwan karena artikel dalam jurnal ilmiah dipilih oleh redaksi bekerjasama dengan mitra bestari sebelum diterbitkan. Hasil dari program pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan kualitas penulisan artikel ilmiah.
Materi yang akan diberikan meliputi, karya tulis ilmiah dan populer, etika keilmuan, penelusuran, analisis informasi, struktur karya tulis, ISSN dan penampilan majalah ilmiah, dan proses penerbitan majalah ilmiah.
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 1.750.000 28 4 9-120 2-500 5-800
Pengantar Jaringan LAN
Pelatihan ini memberikan dasar-dasar pengetahuan yang diperlukan dalam merancang, mengkonfigurasi dan mengimplementasikan LAN. Pelatihan ini juga menekankan pada integrasi software dan hardware yang ada. Bertujuan untuk menerapkan dasar-dasar terminologi, teknologi dan protokol LAN, memilih teknologi LAN berdasarkan kebutuhan aplikasi, mengkonfigurasikan LAN ke berbagai perangkat di lingkungan kerja, dan mendukung penyimpanan data secara jaringan LAN
Materi yang diberikan yaitu dasar-dasar LAN, komunikasi antar LAN, mengevaluasi tipe sistem jaringan LAN, standar LAN umum, teknik switching dalam LAN, jaringan Multi-LAN dan konfigurasinya, Protokol dan kinerja, instalasi dan implementasi LAN, dan memilih dan melaksanakan pengadaan LAN.
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 2.500.000 28 4 26-29 16-19 19-22
Desain Publikasi dan Penerbitan
Pelatihan ini memberikan beberapa teknik yang sering digunakan para desainer untuk membuat citra / gambar agar mempercantik tampilan publikasi seperti poster, cover, booklet, banner, back drop dll. Pelatihan ini bertujuan untuk membuat rancangan publikasi, membuat efek untuk latar belakang, membuat efek teks, mengolah gambar untuk background publikasi, mengatur warna yang artistic dan membuat estimasi biaya pencetakan. Materi yang diberikan yaitu Pengenalan software yang digunakan seperti Free Hand, memahami teknik pembuatan publikasi, merancang publikasi, mengolah gambar, menyimpan format file untuk persiapan publikasi, dan estimasi biaya pencetakan.
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 2.500.000 35 5 7-110 3-700 3-700

Web Programming
Pelatihan ini memberikan pengetahuan dan kemampuan menerbitkan informasi melalui internet / web site. Program ini diharapkan dapat memacu kreativitas peserta dalam mendesain web yang dapat diaplikasikan. Materi yang diberikan meliputi dasar-dasar pembuatan website (dengan program MAMBO), instalasi dan konfigurasi Web Server, dasar-dasar scripting side server, akses database secara online dan administrasi web server.
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 3.000.000 35 5 23-27 2-600 12-160

CISCO Networking Academy Program
Merupakan program pelatihan jaringan komputer dengan konsep e-learning yang diluncurkan oleh Cisco System pada tahun 1993 bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan seperti sekolah lanjutan atas, universitas dan beberapa akademi yang ada di Amerika Serikat. Pelatihan ini mengacu pada materi Designing Cisco Networks (DCN) yang merupakan standar internasional untuk memperoleh sertifikasi Cisco Certified Networking Associate (CCNA).
Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat menentukan kebutuhan mendesain struktur jaringan sesuai dengan kebutuhan untuk performasi jaringan, sekuriti / keamanan, kapasitas dan skalabilitas pada jaringan existing, dan dapat mengidentifikasi bagaimana membangun sebuah prototype yang sesuai dengan desain jaringan
Materi yang diberikan mencakup; Orientation (Khusus calon instruktur dari calon LA), CCNA – 1 : Networking Basics, CCNA – 2: Router and Routing Basics, CCNA – 3: Switching Basics and Intermediate Routing, dan CCNA – 4: WAN Technologies.

Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 2.500.000 105 10 Tentatif

Katalogisasi Berkomputer
Kebutuhan akan sistem pengelolaan informasi dan dokumentasi, serta pelayanan dokinfo secara cepat, tepat dan akurat merupakan tuntutan yang tak terelakkan lagi dewasa ini, seiring dengan munculnya budaya elektronik telah terjadi ledakan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, dimana informasi yang dihasilkan begitu banyak dan tersebar, baik itu dalam bentuk elektronik maupun tulisan, namun tidak terdokumentasikan secara terpadu sehingga sulit untuk diakses. Proses pendokumentasian bahan pustaka dilakukan melalui proses pengolahan bahan pustaka baik secara manual dan elektronik, sehingga menghasilkan produk kegiatan dokumentasi berupa pangkalan data bibliografi. Program aplikasi software yang digunakan dalam pembuatan pangkalan data adalah CDS/ISIS versi Windows 1.5 Pelatihan ini akan dikonsentrasikan pada pengkatalogan secara komputerisasi sehingga dapat menghasilkan suatu desain format database bibliografi.
Materi yang diberikan mencakup, katalogisasi, deskripsi Subjek, klasifikasi, entri data elektronik, penelusuran Data, Shorting / indexing, dan Alih Media Hardcopy ke Digital
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 2.250.000 35 5 7-110 3-700 10-140

Preservasi dan Perawatan Dokumen
Limpahan cahaya dan kelembaban di alam Indonesia menyuburkan pertumbuhan serangga, jasad biota lainnya. Kondisi alam ini mempermudah pelapukan bahan pustaka baik secara kimiawi maupun biologi. Padahal, melestarikan dan merawat dokumen sama halnya dengan melestarikan warisan intelektual umat manusia yang terkandung di dalamnya. Program ini dirancang untuk para manajer menengah, staf perpustakaan, museum dan pusat arsip, serta mereka yang berprofesi sebagai filolog, arsiparis atau sejarawan.
Materi yang diberikan meliputi, kebijakan nasional pelestarian dokumen, bahan pustaka dan masalahnya, pengendalian Lingkungan, perlakuan koleksi, pelestarian dokumen digital, menyusun perencanaan dan klinik Pelestarian
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 1.000.000 14 2 14-15 3-400 1-200

Pembuatan Abstrak dan Indeks
Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini menyebabkan mudahnya mencari informasi baik yang ilmiah maupun yang non ilmiah. Kemudahan memperoleh informasi memberi dampak banyaknya informasi yang harus diseleksi agar sesuai dengan kebutuhan. Fenomena ini membuat pencari informasi menginginkan kemudahan, kecepatan dan aktualitas informasi yang diperoleh. Untuk itu diperlukan informasi dalam bentuk abstrak dan indeks guna menelaah dan menyeleksi informasi yang benar-benar dibutuhkan. Abstrak dan indeks dikenal sebagai salah satu sumber informasi yang efektif dan efisien dan membantu pencari informasi menemukan kembali informasi yang dibutuhkan yang terdapat dalam dokumen dengan cepat dan tepat. Program ini dirancang untuk pustakawan, peneliti, akademisi, dan pengelola publikasi ilmiah. Untuk meningkatkan kualitas pemahaman terhadap kaidah pembuatan abstrak dan indeks.
Materi yang diberikan mencakup pedoman pembuatan abstrak dan prinsip dasar pembuatan indeks.
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 1.000.000 14 2 23-24 12-130 9-100 6-700

Knowledge Management untuk Organisasi
Knowledge dalam organisasi merupakan suatu kebutuhan karena knowledge dapat mengarahkan organisasi tersebut menjadi andal, tetap exist/berkesinambungan dan berdaya saing. Knowledge management menjadi amat penting karena dapat menunjukkan inisiatif dan prosedur pengelolaan yang jelas, mudah dimengerti dan komprehensif. Kemampuan untuk mengelola knowledge dan pengaruh dari knowledge akan mengarah pada pengayaan pendekatan knowledge management, metode pengelolaan, inisiatif, definisi dan prosedur. Knowledge management ditujukan untuk membuat organisasi belajar (learning organization) sehingga bekerja dan belajar merupakan hal yang sama dalam suatu institusi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif berdasarkan nilai-nilai tertentu.
Materi yang diberikan mencakup, Pengelolaan Pengetahuan di Organisasi, Simulasi Explisit Knowledge, Pengenalan Learning Organization, Studi Kasus Aplikasi KM untuk Learning Organization, Konsep Knowledge Sharing, Simulasi Knowledge Sharing di Organisasi, Pengenalan Tool Knowledge Sharing dan Praktek Tool Knowledge Sharing.
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 1.750.000 21 3 26-28 28-30 1-300 12-140

Creating Knowledge untuk Inovasi
Penerapan knowledge management dalam organisasi tidak hanya didukung oleh SDM yang berkualitas (memiliki informasi, pengalaman dan keahlian yang dibutuhkan) dan teknologi informasi yang tepat guna, tetapi juga budaya berbagi knowledge. Faktor budaya memegang peranan penting yang mendukung proses penciptaan knowledge (creating knowlegde) organisasi dan keberhasilan knowledge management di organisasi. Adanya “creating knowledge” yang merupakan penerapan KM organisasi sekaligus membangun budaya “knowledge sharing” untuk menumbuhkan budaya inovasi di kalangan SDM sehingga diharapkan organisasi mempunyai kompetensi sebagai “the knowing organization”.
Perkembangan dari knowledge management organisasi yang komprehensif akan menjadikan organisasi tersebut berkembang menjadi organisasi yang berbasis knowledge yang lebih dikenal dengan istilah organizational knowledge management system (OKMS). Program pelatihan ini dirancang untuk organisasi baik yang bergerak di bidang bisnis, akademisi, lembaga riset, dan lain-lain untuk membangun budaya sharing dan penciptaan pengetahuan.
Materi yang diberikan mencakup, pengantar Organizational Knowledge Management System (OKMS); Model SECI (Socialization, Eksternalization, Combination, Internalization) Nonaka; Tools dalam Creating Knowledge dari tacit to tacit menggunakan sistem (Wiki dan DSS), Studi kasus Creating knowledge, model dan prototype creating knowledge dari learning organization menjadi knowing organization, dan Solution problem menuju inovasi.
Jadwal :
Biaya Jam Hari Waktu Maret April Mei Juni Juli Agsts Sept Okt Nov Des Rp 1.750.000 21 3 30-02 16-18 19-21
Untuk Promosi :
Seminar :
No Kegiatan Tanggal Waktu Biaya 1 Manajemen Sistem Dokumentasi dan Informasi 20 Agustus 2007 09.00-13.00 WIB Rp. 150.000,- 2 Pengembangan Organisasi melalui Penerapan Knowledge Management 3 Juli 2007 09.00-13.00 WIB Rp. 150.000,- 3 Perlindungan Kandungan Informasi melalui Preservasi dan Perawatan Dokumen 20 November 2007 09.00-13.00 WIB Rp 150.000,-

Tidak ada komentar:

Bibliography