Joint Marketing KUKMI dan IBC
Written by Administrator
Wednesday, 09 May 2007
Kerukunan Usaha Kecil dan Menengah (KUKMI) yang memiliki visi dan misi untuk dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi bangsa, khususnya ekonomi kerakyatan, melalui program pemberdayaan UKM. Setelah sekian lama, sejak awal tahun 2006 KUKMI sudah berupaya secara intesif untuk menjajagki, mempelajari dan merumuskan, bentuk dan format permberdayaan yang paling sesuai untuk pengoptimalan kinerja dan performansi dari UKM, yang merupakan “potential point” dalam upaya membangun kembali sektor perkonomian bangsa, hal ini telah terbukti bahwa UKM tidak tergoyahkan pada saat krisis moneter berlangsung di Indonesia .
Walau keandalannya sudah teruji secara nyata, tetapi pada sekala usaha yang lebih luas lagi (ekspor) ternyata UKM masih banyak menghadapi banyak kendala. Kendala yang paling mendasar adalah dalam hal permodalan, manajemen dan jaringan pemasaran. Dalam hal ini KUKMI Jawa Barat berupaya secara maksimal untuk mencarikan solusi yang paling tepat dalam meningkatkan produktivitas dan komunikasi antar pengusaha terutama bagi UKM binaannya.
Bersama dengan Yayasan Mara (Radio Mara Gita), yang merupakan suatu badan usaha yang sudah sarat pengalaman, memiliki jaringan yang luas dan ditunjang dengan tenaga profesinal di bidang penyiaran (broardcasting), maka DPD KUKMI Jawa Barat, mencoba menggalang kerjasama operasional dengan pengusaha Indonesia di negara tetangga yang tergabung dalam Indonesian Business Centre (IBC) yang bermarkas besar di Singapura.
Maksud & Tujuan
Maksud dari upaya penerapan Konsep Pemberdayaan UKM yang dituangkan dalam bentuk kegiatan “Joint Marketing” ini adalah untuk dapat secara persausif, efektif dan efisien mengangkat melebarkan jaringan pemasaran produk dan posisi tawar (bargaining potition) dari UKM. Di Jawa Barat menghadapi pasar bebas dalam era globalisasi ekonomi yang sudah semakin meluas.
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan “Joint Marketing” ini adalah untuk dapat mewadahi segenap aktivitas kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh para UKM, khususnya dalam pemasaran (marketing) produk, baik untuk memnuhi kebutuhan pasar lokal maupun manca negara, yang pada akhirnya agar terjadi percepatan (acceleration) gerak perbaikan usaha dalam proses penyehatan (recovery) kondisi sosial dan ekonomi di Indonesia.
Advantages (Manfaat)
Kemajuan di bidang teknologi komunikasi berkembang dengan sangat pesat dan terkini menyuguhkan “dunia komunikasi” yang tidak dibatasi oleh ruang, waktu dan jarak. Bagi pengusaha hal ini merupakan suatu sarana yang sangat bermanfaat, antara lain :
1. Efisien dalam pelaksanaan waktu operasi kerja,
2. Efektif dalam menentukan sasaran,
3. Akurat dalam pengambilan keputusan dan menganalisa pasar karena berbasis informasi yang aktual.
Kriteria Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan adalah : UKM (Usahawan Kecil Menengah), yang berupa unit usaha produksi (kelompok produsen) yang dilakukan oleh masyarakat (pengrajin & pengusaha) dengan berbagai sekala usaha dan bergerak dalam bidang yang sangat luas (seperti : kerajinan, agrobisnis, parawisata, dsb.)
Bentuk Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan “Joint Marketing” dengan pengusaha Indonesia yang tergabung dalam Indonesian Business Centre (IBC) Singapura. KUKMI bersama dengan Yayasan Mara memanfaatkan keandalan dari teknologi komunikasi dan informasi untuk dapat menampilkan UKM secara audio (suara) maupun visual (gambar) yang selanjutnya dinamakan sebagai Program “Radio Streaming”, media memanfaatkan sarana elektronik, sehingga dapat memberikan kesempatan secara luas dan bebas kepada UKM untuk berhubungan secara langsung dengan para pembeli (buyer) di Singapore. Selain itu untuk melayani prospek pasar domestik (lokal dan regional) para UKM dapat pula memanfaatkan Program Dialog Radio Interaktif.
Informasi Lebih Lanjut
By Bambang Aris Sistanto
Alamat Sekretariat : Jl. Rajamantri Tengah IV No.22, Turangga. Bandung - Jawa Barat.
Telepon /Fax : 022- 730.4047, Email : kukmi_jabar@yahoo.com
Minggu, 26 Agustus 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Bibliography
-
▼
2007
(130)
-
▼
Agustus
(128)
- Knowledge Management (KM) - Collecting, Leveraging...
- Knowledge Sharing Portal
- e-Enterprise
- Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management)
- Sumber-sumber informasi ilmiah berbasis internet
- Modal Pengetahuan
- Data, Informasi, dan Pengetahuan
- Sharing KM WIKA ke Kelompok Kompas Gramedia
- Sampoerna SBM-ITB mendirikan KMSI
- Sistem Informasi Terpadu Pengembangan Usaha Kecil ...
- 'Instruksi Gubernur DKI tak ganjal SMEsCo Mart'
- Kemenkop gagas wadah penjaminan kredit UKM
- Penyaluran Dana Bergulir UMKM Jangan Karena Kepent...
- Daftar Perusahaan di sme-center.com
- KOICA has implemented several aid programs to assi...
- TELKOM mendukung pengembangan SME Center
- CD-SMEs bekerjasama dengan PT. Telkom dan Bank Rak...
- SME-Center Harus Memberi Manfaat Nyata
- Bank BRI menyambut baik dan melakukan langkah nyat...
- Pembentukan SME Center diwilayah Indonesia sangatl...
- Dengan hati yang tuluts dan ikhlas kami menilai pe...
- CD-SMEs sebagai total solusi jaringan bisnis UKM
- SME example - Graha Jiwa Furniture
- Kaitan Pola Dunia Cyber & Dunia Nyata
- Suppliers - SME Indonesia
- Tentang SME-Indonesia.Com
- ABN AMRO turning to SMEs for future growth
- Joint Marketing KUKMI dan IBC
- Indonesia Rangsang Sektor Riil
- Unilever Indonesia Receives Asia’s 2005 Most Admir...
- Menciptakan Image Positif Melalui Perilaku
- Kerangka Perencanaan KM
- Round Table Knowledge Management ke - 13 di Bank N...
- Agenda Acara RTKM ke-12
- Knowledge Management - jamrud.com
- Workshop on Knowledge Management in Research and T...
- Managing the Forests with Communities
- Danamon Awards2006
- Europe, Asia and India 2006 MAKE awards
- AAM Field Force Team Knowledge Sharing
- Understanding dynamic capabilities through knowled...
- Excelcomindo Pratama Tbk Selects Vallent™ Performa...
- Round Table Knowledge Management ke - 13 di Bank N...
- Data & Knowledge Management For Asian Oil and Gas ...
- WIKA - Knowledge Management
- Training & Learning Program Bank Niaga
- Astra Management Development Institute
- MAKE Methodology
- MAKE Framework
- Characteristics of Knowledge Organizations
- Unilever Indonesia, Astra Internasional dan XL Men...
- Konferensi KM Pertama di Indonesia
- Pemenang 2006 Indonesian MAKE Award
- Most Admired Knowledge Enterprises (MAKE)
- UT Knowledge Management won MAKE Awards
- Intellectual Capital, Social Capital and Communiti...
- Knowledge: Content or Context?
- Knowledge: What is it?
- Knowledge Management Frameworks
- Top Ten Knowledge Management Books
- Knowledge Management - ittoolbox
- Knowledge Management Techniques
- The place to explore and learn KM
- Why Knowledge Management?
- Manajemen pengetahuan - wiki ID
- Knowledge Management - wiki en
- Knowledge Management System - wiki en
- To See A Knowledge Based Society in Indonesia
- Bakmi Raos dan Nuri Teknik Menangi Dji Sam Soe Award
- Cisco Tawarkan Lini Produk untuk UKM
- Gandeng 5 BPR, BII Kucurkan Kredit Linkage Program
- Membuat Proses Bisnis Lebih Mudah Dikelola
- Peran TI dalam Pengembangan Usaha
- Pencarian Usaha Koperasi & UKM
- Koperasi UKM DKI Jakarta
- Mampukah Iptek Mendorong Kinerja UKM ?
- Minimarket SME'sComart dibuka di Tangerang
- Komoditas Dihindari, Layanan Didekati
- Pengembangan 200 Sentra Usaha Kecil dan Menengah
- Pelaksanaan USO
- IT Sebagai Media Pembelajaran Multimedia
- Sekilas Perkembangan Internet Di Indonesia
- Produk KUKM Tidak Kalah dengan Produk Luar Negeri
- Pemberdayaan KUMKM Berperan dalam Pengurangan Kemi...
- Jerman Akan Bantu UKM Rp10 Miliar
- Wapres Minta Perbankan Adil Terhadap UKM
- Keadilan Ekspor antara Produsen UKM & Pedagang Bel...
- Teknologi Penting Untuk Bangun Daya Saing UKM
- Pemerintah Akan Terus Kembangkan UKM
- Diperlukan Upaya Peningkatan Aksesabilitas KUMKM
- Belanja TI Pemerintahan Diduga US$195,3 juta
- Strategi Perusahaan Kecil & Menengah (UKM) Menggun...
- Perdagangan & Industri
- Ekspor Sektor UKM Makin Terseok-seok
- Praktek Manajemen Keamanan Komputer pada Usaha Kec...
- Membangun Perpustakaan Berbasis Konsep Knowledge M...
- Penerapan Knowledge Management pada Organisasi
- Knowledge Management untuk Organisasi
- Knowledge Management
- Dexa Medica Melakukan Benchmarking Knowledge Manag...
-
▼
Agustus
(128)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar