Sabtu, 25 Agustus 2007

Pemerintah Akan Terus Kembangkan UKM

Pemerintah Akan Terus Kembangkan UKM

(24 Maret 2006)
Keseriusan pemerintah dalam pengembangan UMKM dalam upaya pengentasan kemiskinan tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Eriyanto, dalam acara seminar sehari membangun ekonomi rakyat melalui pemberdayaan koperasi dan UKM di DPR RI, Kamis (23/3).

Hadir dalam seminar sehari yang diadakan oleh Fraksi PKS tersebut, sekaligus sebagai pembicara Dirjen Industri Kecil dan Menengah Departemen Perindustrian, Sakri Widhianto, dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Departemen Perdagangan, Ardiansyah Parman.

Eriyanto juga menyebutkan salah satu strategi pendanaan UKM adalah dengan peningkatan aksesibilitas ke perbankan, perluasan sumber-sumber pembiayaan lembaga keuangan bank dan institusional development dari lembaga keuangan mikro.

Hal yang sama juga disampaikan Widiyanto sebagai pembicara sesi kedua dengan menyatakan bahwa pemerintah mengharapkan tahun 2008 dalam pengembangan industri kecil menengah bisa diperkuat di kalangan pengusaha dan rakyat dengan bergai langkah yang akan dilakukan.

Langkah-langkah yang akan dilakukan pemerintah melalui Departemen Perindustrian yaitu penguatan operasional kedinasan baik pendanaan, sarana dan prasarana di pusat dan daerah, memperkuat teknologi dengan mesin-mesin canggih hingga mutu dan kualitas bisa lebih unggul dan akan menciptakan iklim yang kondusif melalui kerjasama dengan Depdagri

Sementara itu Ardiyansyah Parman yang juga sebagai pembicara menjelaskan bahwa upaya pengembangan industri kecil dan menengah bisa dilakukan dengan mensinergikan pasar induk, pasar penunjang dan pasar eceran. (T. ban/Toeb)

Tidak ada komentar:

Bibliography