Sabtu, 25 Agustus 2007

Teknologi Penting Untuk Bangun Daya Saing UKM

Teknologi Penting Untuk Bangun Daya Saing UKM

(03 Juli 2007)
Jakarta, 3/7/2007 (Kominfo-Newsroom) – Kepala Pusat Teknologi Bisnis (BTC) - BPPT, Dr. Bambang S. Pujantiyo mengatakan di Jakarta, Selasa (3/7), hasil beberapa survei menunjukkan bahwa Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat bermasalah dengan teknologi.

Banyak UKM menurut dia, hanya mementingkan pasar dan modal, sedangkan teknologi dilupakan, padahal teknologi menjadi faktor paling penting khususnya untuk membangun daya saing UKM itu sendiri.
Dia menunjuk contoh proses produksinya dan desain produk, kalau tidak dikuasai teknologinya maka akan sangat sulit untuk menerapkan hal-hal tersebut apalagi untuk membangun daya saing.
Untuk itu, kata Bambang, BTC akan membantu teknologi kepada pengusaha khususnya UKM di Indonesia dan merekomendasikan produk-produk UKM tersebut ke pasar serta akses-akses seperti perbankan dan investor untuk sama-sama bergabung membangun UKM berbasis teknologi agar mereka berdaya saing di pasar, baik lokal maupun internasional.
Menurut Bambang, bantuan teknologi tersebut biasanya dibagi dalam tiga jenis industri, pertanian, pengolahan dan jasa.
Untuk sektor pertanian, dia membantu teknologi budidaya, proses produksi dan desain produknya, pada industri jasa dengan teknologi informasi lewat pengembangan aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan oleh UKM.
Dia menegaskan, BTC tidak memasarkan produk, tetapi membantu teknologi berdasarkan empat bidang, teknis, organisasi, sumber daya manusia dan sistem informasi. Dalam organisasi, BTC memberikan bantuan srategi pemasaran, tetapi tidak memasarkan.
Sementara itu, Kepala Bidang Analisis Pengembangan Piranti Lunak, Kemeneg Ristek, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng mengatakan, alasan dirancangnya kerangka kegiatan yang melibatkan UKM dengan Open Source, adalah banyaknya manfaat yang bisa diambil UKM untuk proses bisnisnya seperti efisiensi dan tuntutan global saat ini.
"Sudah saatnya orang berbisnis memakai elektronik, sehingga usaha mereka mampu berkembang lewat teknologi informasi yang bermacam jenisnya termasuk open source," katanya.
Menurut dia, open source memiliki daya saing cukup baik, karena murah, sifatnya bisa dilokalisasi dan kebutuhan-kebutuhan lokal bisa diperoleh dengan cepat, karena sumber kodenya dapat dibuka dan sudah ada aplikasi-aplikasi yang memang untuk kebutuhan UKM. (T. Gs/id/c)

Tidak ada komentar:

Bibliography