Minggu, 26 Agustus 2007

Gandeng 5 BPR, BII Kucurkan Kredit Linkage Program

Gandeng 5 BPR, BII Kucurkan Kredit Linkage Program
Rabu, 04 Juli 2007
Oleh : Taufik Hidayat

PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) menggelar skema linkage program dengan menggandeng 5 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Bekasi, Magelang, Yogyakarta, Solo, dan Makassar. Total dana yang akan disalurkan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) lewat skema tersebut adalah sebesar Rp 46,5 miliar.

Plafon kredit dalam rangka linkage program dengan BPR yang disediakan BII mulai Rp 500 juta hingga Rp 25 miliar per BPR dengan jangka waktu rata-rata 3 tahun, maksimal 5 tahun.

Dalam melaksanakan linkage program BII tidak hanya bekerja sama dengan BPR konvensional tetapi juga dengan BPR Syariah. Salah satu dari 5 BPR adalah BPR
Syariah. "Linkage program merupakan bagian dari strategi kami untuk menjangkau sektor UKM serta mendukung upaya memperkuat daya saing BPR sesuai pilar 1 Arsitektur Perbankan Indonesia (API)," ujar Direktur Perbankan UKM dan Komersial BII, Dira K Mochtar.

Melalui linkage program, diharapkan BPR akan mendapatkan penguatan permodalan untuk mengembangkan usahanya membiayai UKM yang memiliki prospek usaha baik dan memiliki potensi untuk berkembang.

Hingga akhir Mei 2007, di luar 5 BPR yang SP3K-nya diteken hari ini, BPR yang bernaung di bawah linkage program BII mencapai 76 BPR dengan total plafon awal Rp 569,8 miliar dan outstanding sebesar Rp 342,9 miliar.

(swa)

Tidak ada komentar:

Bibliography