Minggu, 26 Agustus 2007

SME-Center Harus Memberi Manfaat Nyata

SME-Center Harus Memberi Manfaat Nyata

Indra M. UtoyoMeski SME-Center yang dibantu KOICA masih sedikit jumlahnya, yakni haya 18 lokasi, tetapi itu merupakan lokasi pilihan dimana kegiatan bisnis UKM sudah muncul. Kita harapkan, kehadiran SME-Center akan menjadi sentra bertemunya pebisnis UKM, dalam arti saling berinterasi.

Karena SME-Center ini didukung beberapa pihak, seperti Telkom, BRI, Kadin dan BUMN, maka diharapkan akan memungkinkan perkembangannya memberi manfaat bagi para pelaku bisnis UKM bila bergantung di SME-Center. Peran BRI, misalnya, dangat strategis. Karena, bagi pelaku bisnis yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang baik dalam mengelola bisnisnya, terutama karena tergantung dalam SME-Ceter, mialnya, diharapkan akan mendapatkan prioritas dalam memperoleh kredit. Dengan begitu, para pebisnis UKM akan semakin terdorong bergabung dengan SME-Center, karena ada manfaat yag diperolehnya.

Sebaliknya, SME-Center pun harus melakukan perannya sebagai sentra pelatihan, interaksi dan bahkan pengembangan pasar, tentunya melalui pemanfaatan teknologi informasi (TI) dan web marketing channel.

Tanpa manfaat nyata seperti itu, sulit menarik para pebisnis UKM untuk bergabung di SME Center.

Indra M. Utoyo, GM e-Business, Divisi Multimedia PT. TELKOM, tbk


Tidak ada komentar:

Bibliography