Senin, 27 Agustus 2007

Sampoerna SBM-ITB mendirikan KMSI

Sampoerna SBM-ITB mendirikan KMSI

Wednesday, 01 August 2007
Jakarta The Jakarta Post: (01/08/07) Sebagai upaya untuk mengatasi masalah hijrahnya para intelektual Indonesia ke luar negeri, Sampoerna School of Business and Management-ITB (Sampoerna SBM-ITB) mendirikan the Knowledge Management Society Indonesia (KMSI) di Jakarta minggu lalu. Dr. Jann Hidajat Tjakraatmadja dipilih sebagai ketuanya.
KMSI merupakan sebuah komunitas intelektual dari berbagai lembaga, baik universitas lembaga pemerintah, lembaga social dan dunia usaha. Komunitas ini bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia sebagai upaya memanfaatkan sumber daya manusia dan alam di Tanah Air. Salah satu target jangka pendek utama KMSI adalah membangun standar knowledge management beserta sertifikasinya. "Adanya standar knowledge management akan mempermudah proses komunikasi antara berbagai organisasi untuk mempercepat proses implementasi dan pengembangan pengetahuan yang dimiliki setiap lembaga," ungkap Jann Hidajat
Sampoerna SBM-ITB, menurut Jann Hidajat, berinisiatif untuk mendirikan KMSI sebagai ungkapan keprihatinan atas hijrahnya para ahli Indonesia ke luar negeri. Dalam beberapa tahun terakhir ini karena di Indonesia tidak ada kesempatan bagi mereka untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan mereka.“Hal ini merupakan akibat dari kekurangan dalam knowledge management di Indonesia,” tutur Jann Hidajat, sembari menambahkan bahwa ia berharap para ilmuwan Indonesia, terutama para akademisi dan praktisi, akan menyambut baik berdirinya KMSI.
Sebagai tahap awal, KMSI bekerja sama dengan Sampoerna SBM-ITB akan menyelenggarakan lokakarya mengenai knowledge management dengan topik ‘Implementasi Praktis Knowledge Management dalam Organisasi’ pada tanggal 26-27 Juni. Para pembicaranya antara lain, Prof. Jann Hidajat, John Welly (mantan Direktur SDM PT Telkom) dan Moh. Haitan Rachman (Direktur PT Macca System Infokom Indonesia).

Tidak ada komentar:

Bibliography