Rabu, 05 September 2007

Jawaban Ujian Akhir Mata Kuliah SIMEB - Soal 1

Jawaban Ujian Akhir Mata Kuliah SIMEB - Soal 1

Dalam artikel tiga peranan penting internet bagi Usaha Kecil Menengah (UKM)(1), disebutkan bahwa menurut Bido A.Budiman dari ifc.org, penggunaan internet sebagai media teknologi informasi dalam menunjang UKM bisa dijabarkan menjadi tiga poin yaitu komunikasi, promosi, dan riset. Komunikasi à internet digunakan sebagai media komunikasi dengan berbagai pihak, misalnya antara UKM dengan supplier. Promosi à internet digunakan sebagai sarana promosi jasa atau produk yang ditawarkan oleh UKM, yang bisa dilakukan melalui berbagai cara yaitu dengan website, mailing list, dan chat. Riset à menjelaskan fungsi lain dari internet untuk melakukan riset dan perbandingan, antara lain agar bisa mengetahui seberapa jauh keunggulan produknya dibanding produk sejenis lain yang sudah ada, mencari formula baru untuk memperkuat mutu dari produk atau jasa, dan untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh kompetitor dengan produk yang sejenis dengan yang kita miliki.

Beberapa UKM memanfaatkan afiliasi sebagai salah satu strategi dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi informasi, sistem informasi, dan e-business-nya, contohnya adalah Kerukunan Usaha Kecil dan Menengah (KUKMI) yang memiliki visi dan misi untuk dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi bangsa, khususnya ekonomi kerakyatan, melalui program pemberdayaan UKM. Strategi yang digunakan oleh afiliasi ini antara lain adalah joint marketing antara KUKMI dan IBC (Indonesian Business Centre)(2). Bersama dengan Yayasan Mara (Radio Mara Gita), DPD KUKMI Jabar mencoba menggalang kerjasama operasional dengan pengusaha Indonesia di negara tetangga yang tergabung dalam IBC yang bermarkas besar di Singapura. Tujuannya adalah untuk dapat mewadahi segenap aktivitas kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh para UKM, khususnya dalam pemasaran (marketing) produk, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun manca negara, yang pada akhirnya agar terjadi percepatan (acceleration) gerak perbaikan usaha dalam proses penyehatan (recovery) kondisi sosial dan ekonomi di Indonesia. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi merupakan suatu sarana yang sangat bermanfaat, antara lain efisien dalam pelaksanaan waktu operasi kerja, efektif dalam menentukan sasaran, serta akurat dalam pengambilan keputusan dan menganalisa pasar karena berbasis informasi yang aktual. KUKMI bersama dengan Yayasan Mara memanfaatkan keandalan dari teknologi komunikasi dan informasi untuk dapat menampilkan UKM secara audio (suara) maupun visual (gambar) yang selanjutnya dinamakan sebagai Program Radio Streaming(3), yaitu media yang memanfaatkan sarana elektronik, sehingga dapat memberikan kesempatan secara luas dan bebas kepada UKM untuk berhubungan secara langsung dengan para pembeli (buyer) di Singapore. Selain itu untuk melayani prospek pasar domestik (lokal dan regional) para UKM dapat pula memanfaatkan Program Dialog Radio Interaktif. Institusi yang tergabung dalam program Radio Streaming ini adalah KUKMI East Java, Koperasi Etos Mutualis, Yayasan Mara, Radio Maraghita, UKM di Indonesia, serta Indonesian Business Centre di Singapore. Upaya yang melibatkan KUKMI Jabar ini diwujudkan dalam program streaming (dialog langsung melalui fasilitas webcam dan internet yang berada di stasiun Radio Mara, antara pengusaha Jabar dengan buyer di Singapura), dimana para pengusaha di Jabar bisa berkomunikasi langsung dengan para pengusaha di Singapura. Awalnya, pengusaha Jabar ini berpromosi tentang produk-produk unggulannya. Setelah terjadi kesepakatan pengusaha Singapura bisa langsung bertransaksi mengenai produk yang diinginkan, misalnya bidang pariwisata, bordiran, baju muslim, batik, lukisan kaca, produk pertanian organik, serta dodol Garut. Siaran berita seputar Singapura ini mengudara setiap hari pada pukul 08.00 WIB dengan durasi mencapai 15 menit, dan ikut didengarkan pula diseluruh dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan negara-negara Eropa. Dalam artikel menggenjot ekspor UKM ke Singapura dengan bantuan radio(4), disebutkan bahwa informasi dan berita paling besar yang di-sharing ke dua pihak antara lain meliputi industri pariwisata dan UKM, sementara itu, Singapura memberikan informasi mengenai program wisata kesehatan dan wisata dagang. Selain penggunaan radio streaming, website KUKMI juga merupakan salah satu penerapan e-business. Dalam website yang cukup informatif ini, terdapat company profile serta katalog produk masing-masing perusahaan yang tergabung dalam KUKMI, yaitu: Serbalaras Art Gallery & Vision(5), Studio 181(6), Sharfina Embroidery(7), Dinar Collection(8), serta Kedai Atamimi(9).

Contoh lain pemanfaatan teknologi informasi oleh UKM dapat dilihat di situs SME Indonesia(10). Media promosi online untuk UKM di Indonesia ini memiliki visi menjadi satu-satunya portal yang berisi direktori UKM di Indonesia yang selalu up to date, dikenal secara global dan memiliki jaringan offline terluas di berbagai negara. Hingga saat ini SME-Indonesia.Com telah memiliki jaringan yang berupa kantor perwakilan di Hongkong untuk pasar Asia-Pasifik, Belanda untuk pasar Eropa, dan UEA untuk pasar Timur Tengah. Dalam situs ini terdapat direktori berbagai macam produk dan supplier(11), seperti Art & Handycraft, Fashion Accessory, Furniture & Furnishing, Garment & Textile, Health & Medical, Home Appliance & Decoration, serta Kitchen & Tableware; contohnya: Copper Art Trisna Gallery, Copper Art New Classy Pola, Painting Gunawan Hanjaya, Wood Carving Bambang Krisyono, Surati International, dan Graha Jiwa Furniture yang juga memiliki website sendiri yang memuat company profile dan katalog produk(12).

Selain memanfaatkan afiliasinya dalam menerapkan teknologi informasi, ada juga UKM yang memperkenalkan produknya dengan blog, seperti Indonesia Arenga Palm Sugar (http://gulasemut.blogspot.com dan http://gula-aren.blogspot.com) yang mempromosikan gula aren berbentuk kristal, cair, dan cetak. Klenger Burger – http://klengerburger.blogspot.com yang juga memiliki profile friendster yang akrab dengan target market anak muda di http://www.friendster.com/klenger serta site http://www.klengerburger.com. Selain blog dan website yang memasarkan UKM, ada juga blog mengenai kewirausahaan, yang jika ditindaklanjuti akan berkembang menjadi UKM. Blog tersebut ada di http://wirausahakita.blogspot.com, yang memuat berbagai ide, dari usaha walet, kue tradisional, layanan tour guide, dan website untuk toko virtual.

Perkembangan teknologi informasi dalam kaitannya dengan UKM cukup mendapat perhatian pemerintah, salah satu perwujudannya adalah Sistem Informasi Terpadu Pengembangan Usaha Kecil(13), yang merupakan situs yang disediakan oleh Bank Indonesia untuk pengembangan usaha kecil di Indonesia. Sistem ini memiliki muatan yang banyak untuk diketahui dan dimanfaatkan oleh usaha kecil. Terdapat lima sistem informasi pendukung lainnya yang saling terkait, yaitu Sistem Informasi Baseline Economic Survey, Sistem Informasi Agriindustri Berorientasi Ekspor, Sistem Informasi Penunjang Keputusan Investasi, Sistem Informasi Pola Pembiayaan Lending Model Usaha Kecil, dan Sistem Informasi Prosedur Memperoleh Kredit.

Pemerintah melalui www.depkop.go.id membuka portal promosi UKM(14), membuka minimarket SME’sComart(15), mengalokasikan dana Program Pembiayaan Wanita Usaha Mandiri (16), mensosialisasikan Trading Board (metode promosi dengan fasilitas email yang ditujukan ke konsumen khusus secara langsung)(17) untuk mendukung ekspor produk UKM, meningkatkan pertumbuhan investasi di UKM(18), dan mengembangkan 200 Sentra UKM(19).

Situs lain mengenai UKM adalah www.sme-center.com yang memuat daftar perusahaan(20), info mengenai perizinan mini market SMEsCo Mart(21), wadah penjaminan kredit UKM(22), penyaluran dana bergulir UMKM(23). Dalam situs ini, ada artikel mengenai program bantuan dari KOICA – Korea(24). Meski SME-Center yang dibantu KOICA masih sedikit jumlahnya (18 lokasi), tetapi itu merupakan lokasi pilihan dimana kegiatan bisnis UKM sudah muncul(25). Pendirian CD-SMEs Kadin Indonesia awalnya didasari atas deklarasi yang disepakati pada pertemuan negara-negara G 15 di New Delhi, India dimana pembentukan SMEs Center merupakan keharusan bagi seluruh anggota untuk dilaksanakan(26).

PT. Telkom ikut berperan secara aktif dalam pengembangan dan pemberdayaan UKM melalui sistem informasi dan e-commerce berbasis internet(27). SME Center di 9 (sembilan) wilayah Indonesia sebagai proyek percontohan bagi Pembinaan dan Pengembangan UKM melalui informasi dan e-commerce berbasis internet, yang diharapkan dapat membantu dan mendorong UKM dalam memanfaatkan akses internet yang telah disediakan CD-SMEs Indonesia bekerjasama dengan PT. Telkom dan BRI untuk menuju keterbukaan antara wilayah dan daya saing global melalui jaringan bisnis UKM(28). Sistem pembinaan dan permberdayaan UKM akan ditangani oleh CD-SMEs Indonesia, sedangkan bank BRI sebagai pendukung permodalan dan TELKOM akan mendukung akses informasi dan komunikai serta aplikasi e-business(29). Pembentukan SME Center diwilayah Indonesia sangatlah tepat dan merupakan langkah strategis dalam membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi Indonesia melalui peningkatan daya saing global UKM berbasiskan IT(30). Diharapkan, CD-SMEs dapat memberikan pelayanan nyata dalam penyediaan informasi, promosi dan pemasaran, fasilitas pembiayaan, alih teknologi, pengembangan kualitas SDM dan advokasi(31). CD-SMEs sebagai pusat pelayanan yang memberikan total solusi jaringan bisnis UKM dapat berkiprah dalam era globalisasi dengan menampilkan jaringan bisnis sektor yang dapat dikembangkan oleh UKM(32).

Onno W. Purbo dalam tulisannya mempertanyakan berapa buah perusahaan UKM high tech yang pernah di telorkan & masuk ke media massa(33). Beliau juga memberi informasi adanya Trade Point - merupakan inisiatif yang dimotori oleh PBB (United Nation) utk membantu UKM(34). Praktek manajemen keamanan komputer(35) juga mendapat perhatian karena sistem informasi dianggap sebagai asset bagi UKM.

Pada website www.depkominfo.go.id terdapat berbagai artikel mengenai produk KUKM yang tidak kalah dengan produk luar negeri(36), peran pemberdayaan KUMKM dalam pengurangan kemiskinan dan pengangguran(37), bantuan luar negeri(38), keadilan kredit untuk UKM(39), keadilan di bidang ekspor antara UKM dan pedagang(40), teknologi untuk membangun daya saing UKM(41), keseriusan pemerintah dalam membangun UMKM(42), upaya peningkatan aksesabilitas KUMKM(43), belanja TI pemerintahan(44), serta strategi UKM menggunakan ICT(45).

Dari seluruh strategi yang dijabarkan diatas, tentunya program pemberdayaan UMKM tidak akan berjalan jika akses sumber pinjaman minim(46). ABN Amro merupakan salah satu bank yang memfokuskan diri pada UKM, setelah selama ini berkonsentrasi pada segmen korporat(47). UKM sering kesulitan mendapatkan informasi tentang tren pasar dunia dan tidak mampu melakukan riset pasar(48), sementara memiliki situs untuk bisnis merupakan hal yang perlu dan patut dipertimbangkan(49). Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) mendesak pemerintah melakukan restrukturisasi terhadap skim pendanaan bagi UKM(50), karena permasalahan klasik yang mewarnai rendahnya penyaluran kredit dalam pendanaan UKM selalu terletak pada masalah agunan, tingkat suku bunga pinjaman, serta keragu-raguan bank terhadap kinerja dan kredibilitas UKM. Padahal di negara maju sekalipun, small and medium enterprise (SME) menjadi fundamen penting dalam perekonomian. Kecil adalah dalam artian skala bisnis, omzet, ataupun asset, akan tetapi tetaplah merupakan lembaga bisnis yang sehat(51). Kehadiran perpustakaan digital sangat diperlukan untuk menghadapi pesatnya perkembangan informasi. Dengan pemanfaatannya, diharapkan UKM dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan persaingan bisnis yang semakin tinggi(52). UKM juga diharapkan sebagai pencipta pasar di dalam maupun di luar negeri dan sebagai salah satu sumber penting bagi surplus neraca perdagangan dan jasa atau neraca pembayaran(53).

Persoalan kinerja seringkali menjadi kendala sektor UKM untuk maju. Dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi dipercaya dapat membantu peningkatan kinerja tersebut(54). Salah satu pemicu pengembangan TI pada UKM adalah aktivitas seperti IBM IT Makeover Challenge yang merupakan kontes untuk UKM yang kapasitas TI-nya sudah tidak memadai lagi dan berencana mentransformasikan arsitektur TI mereka untuk mengantisipasi pertumbuhan pada waktu mendatang(55). Optimisme mengenai diterapkannya e-Business di Indonesia masih cukup besar, hanya saja mungkin percepatannya tidak setinggi yang terjadi di negara-negara lain karena masih rendahnya “human development index” masyarakat Indonesia(56).

Bibliography Soal 1
  1. Tiga Peranan Penting Internet bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) http://www.intikamedia.com/details_artikel.php?roel=4b18c2c8d61c3803dedde90fca3d2074&idartikel=17 http://www.sony-ak.com/articles/4/internet_for_ukm.php
  2. Joint Marketing KUKMI dan IBC http://kukmi.marabandung.net/index.php?option=com_content&task=view&id=12&Itemid=2
  3. Radio Streaming Program http://kukmi.marabandung.net/index.php?option=com_content&task=view&id=29&Itemid=2
  4. Menggenjot ekspor UKM ke Singapura dengan bantuan radio http://kukmi.marabandung.net/index.php?option=com_content&task=view&id=30&Itemid=1
  5. Serbalaras Art Gallery & Vision http://kukmi.marabandung.net/index.php?option=com_content&task=view&id=14&Itemid=28
  6. Studio 181 http://kukmi.marabandung.net/index.php?option=com_content&task=view&id=17&Itemid=28
  7. Sharfina Embroidery http://kukmi.marabandung.net/index.php?option=com_content&task=view&id=18&Itemid=28
  8. Dinar Collection http://kukmi.marabandung.net/index.php?option=com_content&task=view&id=19&Itemid=28
  9. Kedai Atamimi http://kukmi.marabandung.net/index.php?option=com_content&task=view&id=20&Itemid=2
  10. Tentang SME-Indonesia.Com http://www.sme-indonesia.com/index.php?page=about
  11. Suppliers - SME Indonesia http://www.sme-indonesia.com/index.php?page=suppliers
  12. SME example - Graha Jiwa Furniture http://www.grahajiwa.co.id/
  13. Sistem Informasi Terpadu Pengembangan Usaha Kecil http://www.bi.go.id/sipuk/id/index.asp
  14. Portal promosi UKM http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=785&Itemid=169
  15. Minimarket SME'sComart dibuka di Tangerang http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=1038&Itemid=169
  16. 35% UKM Jabar dikelola Perempuan http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=857&Itemid=169
  17. Promosi ekspor untuk 2.000 UKM http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=669&Itemid=169
  18. Perkembangan Indikator Makro UKM Tahun 2005 http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=526&Itemid=202
  19. Pengembangan 200 Sentra Usaha Kecil dan Menengah http://www.depkop.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=603&Itemid=236
  20. Daftar Perusahaan di sme-center.com http://www.sme-center.com/sme/company/
  21. Instruksi Gubernur DKI tak ganjal SMEsCo Mart http://www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=20071801011827&Kategori=1
  22. Kemenkop gagas wadah penjaminan kredit UKM http://www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=20072401060626&Kategori=1
  23. Penyaluran Dana Bergulir UMKM Jangan Karena Kepentingan Politik http://www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=20071608063037&Kategori=6
  24. KOICA has implemented several aid programs to assist developing countries http://www.sme-center.com/sme/testimonial/?Testimonial=040102111416
  25. SME-Center Harus Memberi Manfaat Nyata http://www.sme-center.com/sme/testimonial/?Testimonial=042901033217
  26. CD-SMEs Kadin Indonesia http://www.cdsmes.or.id/home.html
  27. TELKOM mendukung pengembangan SME Center http://www.sme-center.com/sme/testimonial/?Testimonial=040102070822
  28. CD-SMEs bekerjasama dengan PT. Telkom dan Bank Rakyat Indonesia untuk menuju keterbukaan antara wilayah dan daya saing global melalui jaringan bisnis Usaha Kecil menengah http://www.sme-center.com/sme/testimonial/?Testimonial=043001013607
  29. Bank BRI menyambut baik dan melakukan langkah nyata dalam pendirian dan pengembangan SME Center di Indonesia http://www.sme-center.com/sme/testimonial/?Testimonial=040102111654
  30. Pembentukan SME Center diwilayah Indonesia sangatlah tepat dan merupakan langkah strategis dalam membantu mempercepat proses pemulihan ekonomi Indonesia http://www.sme-center.com/sme/testimonial/?Testimonial=040102113121
  31. Dengan hati yang tulus dan ikhlas kami menilai penting kehadiran lembaga CD-SMEs http://www.sme-center.com/sme/testimonial/?Testimonial=040102113328
  32. CD-SMEs sebagai total solusi jaringan bisnis UKM http://www.sme-center.com/sme/testimonial/?Testimonial=040102113459
  33. Kaitan Pola Dunia Cyber & Dunia Nyata http://www.google.com/search?q=cache:v0HsJe00Qn4J:onno.vlsm.org/v09/onno-ind-1/application/kaitan-pola-dunia-cyber-dunia-nyata-08-2000.rtf+small+medium+enterprise+internet+indonesia&hl=id&ct=clnk&cd=11&gl=id
  34. Internet bagi Usaha Kecil & Menengah http://onno.vlsm.org/v09/onno-ind-1/application/e-commerce/internet-bagi-usaha-kecil-menengah-01-1999.rtf
  35. Praktek Manajemen Keamanan Komputer pada Usaha Kecil dan Menengah http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/MTI-Keamanan-Sistem-Informasi/2005/121/121P-01-final1.0-security_management_practice.pdf
  36. Produk KUKM Tidak Kalah dengan Produk Luar Negeri http://www.depkominfo.go.id/portal/index.php?act=detail&mod=berita&view=1&id=BRT060831092901
  37. Pemberdayaan KUMKM Berperan dalam Pengurangan Kemiskinan dan Pengangguran http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita&view=1&id=BRT060728092301
  38. Jerman Akan Bantu UKM Rp10 Miliar http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita&view=1&id=BRT060714132901
  39. Wapres Minta Perbankan Adil Terhadap UKM http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita&view=1&id=BRT070509152001
  40. Keadilan Ekspor antara Produsen UKM & Pedagang Belum Harmonis http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita&view=1&id=BRT070612144801
  41. Teknologi Penting Untuk Bangun Daya Saing UKM http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita&view=1&id=BRT070703132701
  42. Pemerintah Akan Terus Kembangkan UKM http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita&view=1&id=BRT060324104601
  43. Diperlukan Upaya Peningkatan Aksesabilitas KUMKM http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita&view=1&id=401
  44. Belanja TI Pemerintahan Diduga US$195,3 juta http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita&view=1&id=104
  45. Strategi Perusahaan Kecil & Menengah (UKM) Menggunakan ICT http://www.depkominfo.go.id/portal/?act=detail&mod=berita_kominfo&view=12&id=BRT070718134601
  46. Indonesia Rangsang Sektor Riil http://www.bbc.co.uk/indonesian/news/story/2007/06/070612_umkm.shtml
  47. ABN AMRO turning to SMEs for future growth http://www.thejakartapost.com/yesterdaydetail.asp?fileid=20070824.M04
  48. Terbatas Modal, UKM Jatim Enggan Lirik Ekspor http://www.jjfmradio.com/talkshow_see.asp?articleid=249
  49. Situs Bisa Dongkrak Bisnis Perusahaan http://www.intikamedia.com/details_artikel.php?roel=fbc5f315cccd7cbdda4aa73362c35988&idartikel=20
  50. Pemerintah Didesak Restrukturisasi Skim Pendanaan UKM http://www.tempointeraktif.com/hg/ekbis/2004/03/02/brk,20040302-38,id.html
  51. Fokus Pengembangan Usaha Kecil Menengah http://www.suaramerdeka.com/harian/0402/18/tjk1.htm
  52. Pemanfaatan Perpustakaan Digital untuk Usaha Kecil-Menengah http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-grey-2001-r-647-ukm&q=Usaha
  53. Kajian Pemetaan Usaha Kecil Menengah http://www.journal.unair.ac.id/detail_jurnal.php?id=1851&med=27&bid=13
  54. Mampukah Iptek Mendorong Kinerja UKM ? http://www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=435
  55. Komoditas Dihindari, Layanan Didekati http://www.kompas.com/kompas-cetak/0612/21/tekno/3189631.htm
  56. Peran TI dalam Pengembangan Usaha http://www.ebizzasia.com/0107-2003/q&a,0107.htm
  57. Mesin Untuk Usaha Kecil - Menengah (UKM) http://www.tokomesin.com/Mesin_Usaha_Kecil_Mesin_Industri_Kecil_Untuk_Bisnis_UKM.html Resi Gudang Online http://resigudang.averin-tech.com/ukm.php
  58. Small and Medium Enterprise http://en.wikipedia.org/wiki/Small_and_medium_enterprise
  59. Cisco Unified Communications untuk Usaha Kecil Menengah http://www.tempointeraktif.com/hg/it/2006/10/16/brk,20061016-86132,id.html
  60. Cisco Tawarkan Lini Produk untuk UKM http://www.swa.co.id/primer/pemasaran/strategi/details.php?cid=1&id=5927
  61. SAP Bidik Usaha Kecil Menengah http://www.tempointeraktif.com/hg/ekbis/2007/05/30/brk,20070530-100992,id.html Warung Informasi Teknologi http://www.warintek.ristek.go.id/
  62. Perdagangan & Industri http://www.jawatengah.go.id/loader2.php?SUB=prog_pemb&SEKTOR=ekbang&DATA=ekbang_perdagangan_dan_industri
  63. Ekspor Sektor UKM Makin Terseok-seok http://www.sinarharapan.co.id/ekonomi/usaha/2003/1206/ukm1.html
  64. Gandeng 5 BPR, BII Kucurkan Kredit Linkage Program http://www.swa.co.id/primer/manajemen/strategi/details.php?cid=1&id=6144
  65. Membuat Proses Bisnis Lebih Mudah Dikelola http://www.ebizzasia.com/0107-2003/enterprise,0107,02.htm
  66. Pencarian Usaha Koperasi & UKM http://dinaskukm.jakarta.go.id/direktori.php?nowstage=1&nowpage=1
  67. Koperasi UKM DKI Jakarta http://dinaskukm.jakarta.go.id/tentang_dinas.php

Tidak ada komentar: